Wed. Oct 20th, 2021

Tetapi, CNN cenderung pilih cendol Singapura untuk salah satunya dessert terhebat di dunia, persisnya ada di posisi ke-9. Dalam keterangan yang diambil Jumat (16/10/2020), cendol Singapura dipandang spesial sebab menambah sesendok kacang merah manis ke satu gelas cendol.

“(Cendol) Singapora menjaga cita-rasa klasiknya terus memikat,” catat CNN.

CNN mengaku jika makanan manis itu banyak diketemukan di teritori Asia Tenggara, termasuk juga Indonesia serta Malaysia. Lalu, bagaimana sebetulnya asal mula cendol ini?

Fadly Rahman, sejarawan makanan serta dosen Program Studi Riwayat Kampus Padjajaran, mengutarakan jika cendol bukan tipe makanan baru. Dia adalah adopsi dari dawet yang telah lebih dulu dikenalkan oleh nenek moyang Indonesia, yaitu di Jawa.

Melihat asal mula asli dari cendol, sesuai tapak riwayat yang ada, Fadly oke menjelaskan jika cendol ialah pengembangan yang dari Jawa. “Asal mula cendol itu yang pertama-tama merupakan pengembangan yang diketemukan oleh beberapa orang Jawa, di seputar era 19 sampai awalnya era 20. Tetapi, tidak dikenali tentu siapa nama penemunya, bisa disebutkan anonim,” tuturnya.

Melihat dari sejarahnya, tempat yang pertama-tama membuat minuman cendol populer memang berawal dari Jawa. Tetapi, bersamaan perkembangan waktu, cendol berkembang ke negara lain. Menurut Fadly, itu berlangsung sebab cendol benar-benar digemari oleh beberapa kelompok, serta tentu saja bertambah terkenal dibanding dawet.

Dia menerangkan jika beberapa orang Jawa era dahulu bawa cendol dan dawet ke luar negeri. Yang paling jauh diketemukan di Suriname, di mana beberapa orang Jawa lakukan migrasi massal di pengalihan era ke-19 sampai 1930an.

“Mereka bawa banyak pernak-pernik kulineran Jawa ke Suriname, tidak cuman cendol serta dawet, contohnya seperti sate serta soto,” sambungnya.

Berdasar info CNN, cendol memang menyebar nyaris di semua Asia Tenggara, tapi langkah penyuguhannya juga berlainan.

“Di Indonesia sama dengan memakai tepung beras, gula merah, serta yang lain. (Brigitta Valencia Bellion)

By Kaitlyn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!