Tue. May 11th, 2021

Indeks harga saham kombinasi (IHSG) ditutup turun 0,87% di level 4.926,73 pada perdagangan Jumat (2/10). Pengurangan relevan berlangsung semenjak awal session ke-2 perdagangan, di mana indeks pernah turun sampai 1,77% di level 4.881,91.

Dia menerangkan, aktor pasar global benar-benar prihatin dengan informasi Trump yang positif Covid-19.

Sesaat, analis Panin Sekuritas William Hartanto memandang informasi positif Covid-19 Trump tidak punya pengaruh pada IHSG. “Cuman dampak kejut saja, tetapi sebetulnya tidak bawa serta dampak apa-apa,” tuturnya ke Katadata.co.id, Jumat (2/10).

Akhirnya, pada pembukaan session ke-2, indeks langsung terjun sampai 1,77% dari penutupan perdagangan hari kemarin.

Mendekati penutupan perdagangan session ke-2, IHSG tertera mulai berangsur naik, walau pada akhirnya ditutup tidak di zone hijau. “Dapat disaksikan sendiri, IHSG melakukan perbaikan keadaannya. Jadi ini jelas sekali hanya tindakan mengambil untung atau keuntungan taking,” tutur William.

Pengurangan berlangsung pada indeks global yang lain, seperti Nikkei 225 di Jepang yang ditutup turun 0,67%. Walau sebenarnya, selama seharian ini Nikkei 225 ada di zone hijau, selesai tempo hari ditutup lebih awal sebab permasalahan tehnis. Bursa yang lain, Straits Times Index di Singapura ditutup turun 0,29% ini hari.

Begitupun dengan bursa di Eropa yang turun di saat pembukaan perdagangan ini hari. Sampai jam 15.22 WIB, indeks FTSE 100 di Inggris bergerak di zone merah dengan turun 0,5%. Di saat yang serupa, Xetra Dax di Jerman alami revisi 0,62%. Bursa berjangka Amerika Serikat Dow Jones Index Future, bergerak turun 1,16%.

Sudah diketahui, Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberitahukan dianya serta si istri Melania Trump positif Covid-19. Kedua-duanya sekarang jalani karantina.

By Kaitlyn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!