Fri. Feb 26th, 2021

 Perkembangan ekonomi Indonesia akan loyo s/d tahun kedepan. Ini disebabkannya imbas dari wabah covid-19 yang demikian besar.

Ekonom Bank CIMB Niaga, Adrian Panggabean menerangkan, perkembangan ekonomi akan bersambung sampai tahun kedepan. Melambannya perekonomian diprediksikan berlangsung sampai kuartal I 2021.

Karena itu, ia memprediksi kontraksi ekonomi Indonesia tetap akan bersambung sampai kuartal IV 2020. Perkembangan ekonomi di mengakhiri kuartal tahun ini diprediksikan 2,3 %. Hingga perkembangan ekonomi dengan tahunan akan capai minus 2,0 % (yoy).

“Perkembangan ekonomi di semua tahun 2020 dengan begitu akan capai minus 2,0 % (yoy),” kata Adrian.

Sampai bertambah panjang efeknya dibanding kritis moneter pada tahun 1998.

“Hingga saya memprediksi perkembangan ekonomi Indonesia di 2021 cuman akan capai 3,8 % (yoy),” katanya akhiri.

Awalnya, International Monetary Fund (IMF) turunkan prediksi perkembangan ekonomi Indonesia tahun 2020. Sebelumnya, dalam laporan bulan Juni 2020, ekonomi Indonesia diperkirakan -0,3 %.

“Dibanding dengan prediksi kami di bulan Juni, potensial perkembangan ekonomi makin lebih buruk dengan berarti sebab wabah yang berjalan.

Lebih detil, dalam tabel ekonomi Asia Pasifik, perkembangan ekonomi negara lain diperkirakan alami minus. Di tahun 2020, ekonomi Thailand diproyeksi -7,1 %. Lalu, ekonomi Filipina diperkirakan -8,3 % serta Malaysia -6 %.

Cuman Vietnam yang mempunyai prediksi ekonomi positif, yakni 1,6 %.

Untuk China, perkembangannya diperkirakan capai 1,9 %. Sesaat untuk India, diprediksikan alami -10,3 %.

Walau untuk tahun 2021, IMF masih memproyeksi jika perkembangan ekonomi Indonesia akan di angka 6,1 %. Begitupun dengan ekonomi global yang awalannya diperkirakan tumbuh -4,9 % jadi -4,4 %.

Pemerintahan Singapura memberitahukan negaranya alami perkembangan ekonomi minus 41,2% pafa kuartal II 2020. Lalu apa krisis Singapura berefek di ekonomi Indonesia?

By Kaitlyn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!