Tue. May 11th, 2021

Perusahaan penyuplai service on-demand, Grab menggamit tiga startup yaitu LunaPos, KliknClean, serta Printerous. Ke-3nya adalah alumnus program akselerasi Grab Velocity Ventures (GVV) gelombang III.

LunaPos beroperasi di sektor kasir. KliknClean sediakan service disinfeksi, sesaat Printerous layani keperluan percetakan sampai distribusinya.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan, ke-3 startup itu masuk untuk partner usaha sah di basis GrabMerchant. Mereka akan fokus penuhi keperluan Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah (UMKM).

Semasa epidemi Covid-19, Grab menggandeng 350 ribu partner UMKM baru serta ditarget capai 400 ribu tahun ini. “Partner memperoleh penambahan service dari ke-3 startup itu, serta harga dapat dijangkau,” kata Neneng waktu pertemuan wartawan virtual, Kamis (1/10).

Decacorn asal Singapura itu mengeluarkan GrabMerchant dengan mode Business to Business (B2B) pada Juni kemarin. Partner UMKM di GrabFood, GrabMart, logistik serta GrabKios diarahkan ke GrabMerchant.

Basis itu sediakan beberapa feature seperti pendaftaran mandiri, manajemen profile pemilik, pengelola toko, serta kasir untuk keamanan account. Ada pula feature grosir, feature marketing sampai laporan usaha.

Sekarang servicenya makin bertambah dengan kedatangan Lunapos, KliknClean, serta Printerous. Ke-3nya dipilih dari keseluruhan 100 bertambah pendaftar program GVV.

Disamping itu, ada lima perusahaan rintisan yang lain berhasil lolos GVV. Kelimanya memperoleh peluang untuk eksperimen service semasa delapan minggu.

Neneng menjelaskan, satu dari mereka penghasilannya bertambah sampai 40% sesudah masuk ekosistem Grab.

Perusahaan menggandeng Pertamina untuk memberi utang ke partner GrabKios. Disamping itu, pemerintah menggandeng Grab untuk pendistribusian utang Credit Usaha Rakyat (KUR).

Deputi Bagian Produksi serta Marketing Kemenkop UKM Victoria br Simanungkalit menjelaskan, digitalisasi UMKM jadi kunci pemulihan ekonomi di Indonesia. Pemerintah sudah membagikan dana Rp 123,46 triliun untuk UMKM di waktu epidemi corona.

Mari, turut menolong bantuan saat ini! Click di sini untuk informasi lebih detilnya.

By Kaitlyn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!